Sabtu, 15 Desember 2012

File Manager 4Pane di Ubuntu


Pengguna Linux Ubuntu tentu sudah terbiasa mengelola file menggunakan nautilus atau explorer kalau di Windows. Nautilus tersebut terdiri dari 2 kolom yang memudahkan pengguna dalam mengelola file ataupun folder. Namun, terkadang pengguna mengalami kesulitan dalam mengelola file dikarenakan nautilus hanya memiliki 2 kolom dan mengharuskan membuka 2 nautilus sekaligus apalagi jika file yang akan dikelola dalam jumlah yang banyak dan bervariasi.

Nah, ada aplikasi yang bisa menampilkan 4 kolom sekaligus, yaitu 4Pane. Dengan menggunakan 4Pane ini tentu akan lebih memudahkan pengguna dalam pengelolaan file. Aplikasi ini memiliki empat buah kolom dengan masing-masing kolom yang dapat membuka lokasi yang berbeda.
Ini screenshot-nya :

Kemudahan yang diberikan 4Pane ini tidak hanya terletak pada 4 kolomnya, tetapi juga  kemudahan-kemudahan lainnya seperti adanya fungsi undo, redo, rename, menghapus, duplicate,  dan sebagainya. Ketika salah satu file atau folder diklik kanan, akan muncul fitur-fitur pengelolaan file yang lebih banyak daripada nautilus.
Lalu bagaimana cara menginstal aplikasi 4Pane ini?
Saya akan berbagi cara menginstal aplikasi 4Pane. Kali ini saya menggunakan 4Pane di Linux Zorin-OS (varian Ubuntu).
Berikut ini cara menginstal 4Pane :
1. Tambahkan APT Line deb http://www.4pane.co.uk/ubuntu/ precise universe di file sources.list yang di folder /etc/apt. Jangan lupa sebelum menambahkan APT Line tersebut, pastikan back up terlebih dahulu file sources.list dan rename menjadi sources.list.backup. Cara backup-nya bisa dengan menggunakan console, ini adalah command-nya :
cp /etc/apt/sources.list /etc/apt/sources.list.backup
2. Simpan (save) file sources.list
3. Update dengan apt-get update
4. Instal 4pane dengan apt-get install 4pane
Nah, alhamdulillah Anda sudah berhasil menginstal 4Pane di komputer Anda. Silahkan buka aplikasi 4Pane di System Tools –> 4Pane. Selanjutnya silahkan menikmati kemudahan yang diberikan 4Pane ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Visitor

Diberdayakan oleh Blogger.

Bagaimana menurut Anda Blog ini ?

Translate

Facebook

Twitter

Time


Followers